Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-based Learning)


Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-based Learning
Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) adalah kegiatan pembelajaran yang menggunakan Proyek/kegiatan sebagai proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Penekanan pembelajaran terletak pada aktivitas-aktivias peserta didik untuk menghasilkan produk dengan menerapkan keterampilan meneliti, menganalisis, membuat, sampai dengan mempresentasikan produk pembelajaran berdasarkan pengalaman nyata. Produk yang dimaksud adalah hasil Proyek dalam bentuk desain, skema, karya tulis, karya seni, karya teknologi/prakarya, dan lain-lain. Pendekatan ini memperkenankan pesera didik untuk bekerja secara mandiri maupun berkelompok dalam menghasilkan produk nyata.


Tabel 2. Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Proyek
Langkah-langkah
Deskripsi
Langkah -1
Penentuan Proyek

Guru bersama dengan peserta didik menentukan tema/topik Proyek
Langkah -2
Perancangan langkah-langkah penyelesaian Proyek
Guru memfasilitasi Peserta didik untuk merancang langkah-langkah kegiatan penyelesaian Proyek beserta pengelolaannya


Langkah -3
Penyusunan jadwal pelaksanaan Proyek
Guru memberikan pendampingan kepada peserta didik melakukan penjadwalan semua kegiatan yang telah dirancangnya
Langkah -4
Penyelesaian Proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru
Guru memfasilitasi dan memonitor  peserta didik dalam melaksanakan  rancangan Proyek yang telah dibuat
Langkah -5
Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil Proyek
Guru memfasilitasi Peserta didik untuk mempresentasikan dan mempublikasikan hasil karya
Langkah -6
Evaluasi proses dan hasil Proyek
Guru dan peserta didik pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil tugas Proyek

*****************************************************

No comments:

Post a Comment